Laman

TUGAS 1 Bahasa Indonesia

Nama              :  Sella Kurniawati
No. Reg          :  5115127119
Prodi               :  Pendidikan Teknik Elektro
Judul Skripsi  :  PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) BERBASIS FLASH   UNTUK MATA KULIAH PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)
Penulis             : Ika Yunsita Pratiwi (5115083382)

TUGAS 1


     Kerangka Karangan Skripsi

Judul                                     : PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION     
                                               (CAI) BERBASIS  FLASH UNTUK MATA KULIAH PLC                                                      (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Nama Pengarang                  : IKA YUNSITA PRATIWI (5115083382)
Prodi                                      : Pendidikan Teknik Elektro
Jurusan                                 : Teknik Elektro
Fakultas                                : Fakultas Teknik
Universitas                           : Universitas Negeri Jakarta
Tahun pembuatan                : 2012

DOSEN PEMBIMBING    :  Syufrijal, S.T, M.T.

             Aris Sunawar, S.Pd. M.T.







Kerangka                    :
HALAMAN JUDUL
ABSTRAK
ABSTRACK
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PERNYATAAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I      PENDAHULUAN
                 1.1       Latar Belakang Masalah
                 1.2       Perumusan Masalah
                 1.3       Pembatasan Masalah
                 1.4       Tujuan Penelitian
                 1.5       Kegunaan Penelitian

BAB II    KERANGKA TEORITIS DAN KERANGKA BERPIKIR
                 2.1       Kajian Teoritis
                             2.1.1   Media Pembelajaran
                             2.1.1.2    Manfaat Media Pembelajaran
                             2.1.1.3    Karakteristik Media Pembelajaran
                             2.1.1.4    Format Multimedia Pembelajaran
                             2.1.2    CAI (Computer Assisted Instruction)
     2.1.3    Flash
     2.1.3.1    Sekilas Tentang Flash
     2.1.3.2    Adobe  Flash CS3
                             2.1.4    PLC  (Programmable Logic Computter).
                 2.2       Kerangka Berpikir

BAB III   METODE PENELITIAN
                 3.1       Tempat dan Waktu Penelitian
     3.2       Metode Penelitian
                 3.3       Rancangan Penelitian
                 3.4       Bahan dan Alat
                 3.5       Prosedur Penelitian
                 3.6      Teknik Analisis Data.
    BAB IV   HASIL PENELITIAN DAN ANALISA
                 4.1       Hasil Penelitian
                             4.1.1    Hasil Pengujian Sumber Tegangan DC
                             4.1.2    Hasil Pengujian Konektor RJ45(Female)
                 4.2       Analisa
     4.2.1    Analisa Perangkat Keras (Hardware)
              4.2.2    Analisa Perangkat Lunak(Software)

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
                 5.1       Kesimpulan
                 5.2       Saran

                        DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


ULASAN SKRIPSI:
Berdsarkan Skripsi “PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) BERBASIS FLASH UNTUK MATA KULIAH PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)” yang saya baca maka dapat disimpulkan bahwa skripsi ini merupakan pengembangan CAI (Computer Assisted Instruction) dalam dunia pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran umumnya merujuk kepada semua software pendidikan yang di akses melalui komputer dimana penggunanya dapat berinteraksi dengannya.Dengan kelebihannya tersebut maka program pembelajaran berbasis komputer mempunyai kelebihan untuk mengisi kekurangan guru  agar dapat lebih berperan aktif sebagai fasilitator. Selain itu menggunakan teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik evaluasi formatif. Evaluasi formatif digunakan untuk perbaikan dan pengembangan kegiatan yang sedang berjalan agar tersebut dapat digunakan secara efektif dan efisien..Menurut saya skripsi ini cukup baik karena bahasa yang digunakan mudah dimengerti namun penulisan EYD masih banyak perbaikan seperti pada daftar pustaka maupun foot note.

5 Teori Pembanding atau Teori yang Sesuai dengan Skripsi


1.      Boston William, Programmable Logic Controller (PLC) Sebuah Pengantar Jakarta: Erlangga, 2003.

   “PLC merupakan suatu bentuk khusus pengontrol berbasis –mikroprosesor yang memanfaatkan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi dan untuk mengimplementasikan fungsi-fungsi semisal logika, sequencing, pewaktuan (timing), pencacah (counting) dan aritmatika guna mengontrol mesin-mesin dan proses yang dirancang untuk dioperasikan oleh para insinyur”

2.      Eko Putra, Agfianto.2004. PLC Konsep, Pemrograman dan Aplikasi.Yogyakarta : Penerbit Gava Media
PLC pertama kali diperkenalkan pada tahun  1960-an. Alasan utama perancangan PLC adalah untuk menghilangkan beban ongkos perawatan berbasis relay. MODICON 084 merupakan PLC pertama di dunia yang digunakan pada produk komersil.
3. Anne Ahira, “Macromedia Flash yang Berubah Jadi Adobe Flash, http://www.anneahira.com/macromedia-flash-19944.htm (akses tanggal 2 Oktober 2012, 20:11 WIB)

Flash adalah program grafis yang diproduksi oleh Macromedia corp, yaitu sebuah vendor software yang bergerak dibidang animasi web.Macromedia Flash pertama kali diproduksi pada tahun1996

4.      Darmawan, Deni.2011.Teknologi Pembelajaran.Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Tutorial merupakan format sajian yang berisi suatu konsep yang disajikan dengan teks, gambar, baik diam atau bergerak dan grafik. Kemudian pada bagian akhir biasanya akan diberikan serangkaian pertanyaan yang merupakan tes untuk mengukur tingkat pemahaman pengguna atas konsep materi yang di sampaikan

5.      Priyanto Hidayatullah, M. Amarullah Akbar, Zaky Hakim.2011.Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung : PT Informatika.

“Komunikasi adalah salah satu hal vital dalam pendidikan. Dengan komunikasi yang efektif, maka transfer ilmu bisa berjalan efektif pula. Manfaat media dalam proses pembelajaran dalah memperlancar interaksi antara pengajar dan peserta didik sehingga kegiatan dan komunikasi pembelajaran akan lebih efektif dan efisien




Tidak ada komentar:

Posting Komentar