Nama : Sella Kurniawati
No. Reg : 5115127119
Prodi : Pendidikan Teknik Elektro
Judul Skripsi : PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) BERBASIS
FLASH UNTUK MATA KULIAH PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)
Penulis :
Ika Yunsita
Pratiwi (5115083382)
TUGAS 1
Kerangka Karangan Skripsi
Judul : PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION
(CAI) BERBASIS FLASH UNTUK MATA KULIAH PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)
Nama
Pengarang : IKA
YUNSITA PRATIWI (5115083382)
Prodi :
Pendidikan Teknik Elektro
Jurusan : Teknik Elektro
Fakultas : Fakultas Teknik
Universitas : Universitas
Negeri Jakarta
Tahun
pembuatan : 2012
DOSEN PEMBIMBING : Syufrijal, S.T, M.T.
Aris Sunawar, S.Pd. M.T.
Kerangka :
HALAMAN JUDUL
ABSTRAK
ABSTRACK
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PERNYATAAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Perumusan Masalah
1.3 Pembatasan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Kegunaan Penelitian
BAB II
KERANGKA TEORITIS DAN KERANGKA BERPIKIR
2.1 Kajian Teoritis
2.1.1 Media
Pembelajaran
2.1.1.2 Manfaat Media Pembelajaran
2.1.1.3 Karakteristik Media Pembelajaran
2.1.1.4 Format Multimedia
Pembelajaran
2.1.2 CAI (Computer
Assisted Instruction)
2.1.3 Flash
2.1.3.1 Sekilas Tentang Flash
2.1.3.2 Adobe
Flash CS3
2.1.4 PLC (Programmable Logic Computter).
2.2 Kerangka Berpikir
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Tempat dan Waktu Penelitian
3.2 Metode
Penelitian
3.3 Rancangan
Penelitian
3.4 Bahan dan Alat
3.5 Prosedur Penelitian
3.6 Teknik
Analisis Data.
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN ANALISA
4.1 Hasil Penelitian
4.1.1 Hasil
Pengujian Sumber Tegangan DC
4.1.2 Hasil Pengujian Konektor RJ45(Female)
4.2 Analisa
4.2.1
Analisa Perangkat Keras (Hardware)
4.2.2 Analisa Perangkat Lunak(Software)
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
ULASAN SKRIPSI:
Berdsarkan Skripsi “PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) BERBASIS FLASH UNTUK MATA
KULIAH PLC (PROGRAMMABLE LOGIC
CONTROLLER)” yang saya baca maka dapat disimpulkan bahwa skripsi ini merupakan
pengembangan CAI (Computer Assisted Instruction) dalam dunia pemanfaatan teknologi komputer
sebagai media pembelajaran umumnya merujuk kepada semua software pendidikan yang di akses melalui komputer dimana
penggunanya dapat berinteraksi dengannya.Dengan kelebihannya tersebut maka
program pembelajaran berbasis komputer mempunyai kelebihan untuk mengisi
kekurangan guru agar dapat lebih
berperan aktif sebagai fasilitator. Selain itu menggunakan teknik evaluasi yang
digunakan adalah teknik evaluasi formatif. Evaluasi formatif digunakan untuk
perbaikan dan pengembangan kegiatan yang sedang berjalan agar tersebut dapat
digunakan secara efektif dan efisien..Menurut saya skripsi ini cukup baik karena bahasa yang digunakan
mudah dimengerti namun penulisan EYD masih banyak perbaikan seperti pada daftar
pustaka maupun foot note.
5 Teori Pembanding atau
Teori yang Sesuai dengan Skripsi
1. Boston William, Programmable Logic Controller
(PLC) Sebuah Pengantar Jakarta: Erlangga, 2003.
“PLC merupakan suatu bentuk khusus
pengontrol berbasis –mikroprosesor yang memanfaatkan memori yang dapat
diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi dan untuk mengimplementasikan
fungsi-fungsi semisal logika, sequencing,
pewaktuan (timing), pencacah (counting) dan aritmatika guna mengontrol
mesin-mesin dan proses yang dirancang untuk dioperasikan oleh para insinyur”
2. Eko Putra, Agfianto.2004.
PLC Konsep, Pemrograman dan
Aplikasi.Yogyakarta : Penerbit Gava Media
PLC pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1960-an. Alasan
utama perancangan PLC adalah untuk menghilangkan beban ongkos perawatan
berbasis relay. MODICON 084 merupakan PLC pertama di dunia yang digunakan pada
produk komersil.
3. Anne Ahira, “Macromedia Flash yang Berubah Jadi Adobe
Flash, http://www.anneahira.com/macromedia-flash-19944.htm (akses tanggal 2
Oktober 2012, 20:11 WIB)
Flash adalah program grafis
yang diproduksi oleh Macromedia corp, yaitu sebuah vendor software yang bergerak dibidang animasi web.Macromedia Flash pertama kali diproduksi pada tahun1996
4. Darmawan, Deni.2011.Teknologi Pembelajaran.Bandung : PT
Remaja Rosdakarya
Tutorial merupakan format
sajian yang berisi suatu konsep yang disajikan dengan teks, gambar, baik diam
atau bergerak dan grafik. Kemudian pada bagian akhir biasanya akan diberikan
serangkaian pertanyaan yang merupakan tes untuk mengukur tingkat pemahaman pengguna
atas konsep materi yang di sampaikan
5. Priyanto Hidayatullah, M.
Amarullah Akbar, Zaky Hakim.2011.Animasi
Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung : PT Informatika.
“Komunikasi adalah salah satu hal vital dalam pendidikan.
Dengan komunikasi yang efektif, maka transfer ilmu bisa berjalan efektif pula.
Manfaat media dalam proses pembelajaran dalah memperlancar interaksi antara
pengajar dan peserta didik sehingga kegiatan dan komunikasi pembelajaran akan
lebih efektif dan efisien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar